TAHUKAH ANDA I

Tahukah anda : Karbon atau arang kayu yang biasa digunakan untuk memasak sate adalah media yang baik untuk memurnikan air dari pencemar logam seperti zat besi yang biasa mencemari air di perkotaan, karena arang kayu memiliki pori-pori yang mampu mengadsorpsi ion logam yang terdapat dalam air.

Tahukah anda : Sucralosa sebagai pemberi rasa manis pengganti gula, dibuat dari gula dan memiliki rasa manis 600 kali lipat dari gula biasa. Penggunaannya relatif aman karena tidak diabsorpsi oleh tubuh atau tidak diserap oleh tubuh, jadi hanya lewat saja kemudian dibuang lewat urin.

Tahukah anda : Pengolahan air minum dengan cara dimasak hanya cocok untuk air minum dari sumber yang belum tercemar, sedangkan untuk daerah perkotaan dan industri dimana airnya telah tercemar, pengolahan air minum dengan cara dimasak hanya dapat membunuh kuman tapi tidak menghilangkan bahan kimia berbahaya yang terdapat didalamnya, perlu pengolahan lebih lanjut agar air yang tercemar dapat dimunum, seperti dengan cara destilasi, adsorpsi, penukar ion atau menyaringnya dengan menggunakan membran semipermiable.

Tahukah anda : Mercury adalah logam yang berbentuk cair pada temperatur kamar, mercury akan menjadi padat bila diberi tekanan sebesar 7.640 atm atau 7,7 juta milibar.

Tahukah anda : Logam natriun dan kalium sangat mudah teroksidasi dan akan terbakar bila bereaksi dengan air aleh sebab itu untuk menyimpan logam natrium (sodium) dan kalium (potasium) dengan cara merendamnya didalam minyak tanah agar tidak teroksidasi, begitu pula dengan logam-logam lain agar tidak berkarat dilapisi dengan cet atau dilapisi dengan minyak tanah.

Tidak ada komentar: