TAHUKAH ANDA V

TAHUKAH ANDA V
  1. Tahukah anda : Telah dikembangkan metode analisis senyawa N7-metilguanin secara voltammetri pulsa diferensial menggunakan elektrode karbon kilap. N7-metilguanin dapat dianalisis dalam elektrolit pendukung larutan dapar asetat pH 4,2; dapar Mc Ilvaine modifikasi pH 1,2; dan boraks 0,05 M pH 9,2. N7-metilguanin terbaik dianalisis dalam larutan dapar asetat pH 4,2. Potensial puncak (Ep), batas deteksi, dan batas kuantisasi N7-metilguanin masing-masing adalah 1090 ± 7,31 mV; 1,1 x 10-6 M; dan 2,7 x 10-6 M. (R. Ahmad Zaky El Islami)
  2. Tahukah anda : Bakteri sakazakii ditemukan dalam penelitian Tim Institut Pertanian Bogor yang diketuai Doktor Sri Estuningsih sejak 2003 hingga 2006. Diketahui 22,73 persen susu formula dari 22 sampel dan 40 persen dari 15 sampel makanan bayi produk dalam negeri yang dipasarkan antara April hingga Juni 2006 terkontaminasi entrobacter sakazakii. Bakteri ini masuk kategori berbahaya karena bisa menyetang selaput otak. Hasil penelitian ini disangsikan Menteri Kesehatan Siti Fadillah Supari. Pihak IPB menegaskan, penelitian ini masih aktual karena dilakukan dua tahun, yaitu tahun 2006 dan 2007 dan hasilnya dilaporkan pada November 2007. Rektor IPB Doktor Insinyur Herry Suhardiyanto sebelum bertolak ke Jepang, baru-baru ini, menegaskan, penelitian ini tak perlu diragukan dan sudah dilaporkan ke Departemen Pertanian, Direktorat Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional serta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Sayangnya, pihak BPOM hingga kini belum mengumumkan nama-nama produk yang diduga tercemar bakteri tersebut (Taryana).
  3. Tahukah anda : Parasetamol atau asetaminofen adalah obat analgesik dan antipiretik yang populer dan digunakan untuk melegakan sakit kepala, sengal-sengal, sakit ringan, dan demam. Parasetamol atau asetaminofen digunakan dalam sebagian besar resep obat analgesik salesma dan flu. Parasetamol atau asetaminofen aman dalam dosis standar, tetapi karena mudah didapati, overdosis obat baik sengaja atau tidak sengaja sering terjadi. Berbeda dengan obat analgesik yang lain seperti aspirin dan ibuprofen, parasetamol tak memiliki sifat antiradang. Jadi parasetamol tidak tergolong dalam obat jenis NSAID. Dalam dosis normal, parasetamol tidak menyakiti permukaan dalam perut atau mengganggu gumpalan darah, ginjal atau duktus arteriosus pada janin. (Mukhlisin)
  4. Tahukah Anda : Baja merupakan suatu campuran dari besi dan karbon, dimana unsur karbon (C) menjadi dasar campurannya. Di samping itu, mengandung unsur lainnya seperti sulfur (S), fosfor (P), silicon (Si), dan Mangan (Mn) yang jumlahnya dibatasi. Kandungan karbon di dalam baja kurang dari 2% atau sekitar 0,1–1,7%, sedangkan unsur lainnya dibatasi presentasenya. Unsur paduan yang bercampur di dalam lapisan baja, untuk membuat baja bereaksi terhadap pengerjaan panas atau menghasilkan sifat-sifat yang khusus. (Dede Fitroh Handayani)
  5. Tahukah anda : Rokok Kretek dapat menyebabkan Karies Spesifik. Bahan campuran dari rokok kretek yaitu cengkeh yang ternyata mengandung zat aktif eugenol yang berkadar tinggi. Asap rokok kretek yang mengandung zat aktif tersebut akan masuk melalui lubang mikro kebagian organik email sehingga mencapai perbatasan email (lapisan paling luar gigi) dengan dentin (lapisan dibawah email). Dampaknya, perokok bisa menderita gangguan gigi berupa karies atau gigi berlubang. Berdasarkan pemeriksaan menggunakan alat Elektron Dispersion X-Ray Miicroanalysis, farida menemukan, gigi yang mengandung eugenol akibat rokok kretek akan menurun kandungan oksigennya sedang kadar kalsium gigi meningkat. Akibatnya lapisan email pada gigi perokok kretek mengalami pelubangan lunak sehingga gigi menjadi rapuh. (Lin Suciani Astuti)
  6. Tahukah anda : Sampah dan limbah dapat menjadi aliran listrik. Terlebih ketika para peneliti dari Universitas Minnesota Amerika Serikat menemukan kunci konversi sampah ke listrik. Baru-baru ini hasil penelitian tim Universitas Minnesota mendapati bahwa organisme bakteri yang mampu menghasilkan listrik bisa ditingkatkan produksi energinya dengan pasokan riboflavin yang lazimnya dikenal dengan vitamin B-2. Bakteri penghasil listrik itu bernama Shewanella. Menurut salah seorang peneliti Daniel Bond bakteri ini bisa mengubah asam susu (lactic acid) menjadi listrik. Penemuan ini juga berarti bakteri Shewanella bisa memproduksi energi lebih banyak lagi bila riboflavin ditingkatkan jumlahnya. Selain itu penelitian tim Universitas Minnesota ini juga membuka peluang bagi berbagai inovasi di bidang energi terbarukan dan pembersihan lingkungan. Tim penelitian yang lintas disiplin ilmu ini menunjukkan bahwa bakteri tumbuh di elektroda yang secara alamiah menghasilkan riboflavin. Karena riboflavin sanggup membawa elektron dari sel-sel hidup ke elektroda, maka angka produksi listrik pun bisa ditingkatkan menjadi 370 persen saat riboflavin ditambah jumlahnya. Penambahan bahan bakar mikroba ini menggunakan bakteri Shewanella yang bisa menghasilkan listrik untuk membersihkan limbah air. Tapi untuk aplikasi yang lebih ambisius seperti listrik untuk transportasi rumah atau bisnis, dibutuhkan temuan ilmu biologi yang lebih mutahir dan pasokan bahan bakar sel yang lebih murah. Lalu timbul pertanyaan, "Bagaimana bakteri ini bisa menghasilkan listrik?". Secara alamiah, bakteri Shewanella butuh mendapatkan dan melarutkan benda-benda logam seperti besi. Dengan kemampuan mengarahkan secara langsung elektron ke logam, membuat bakteri ini bisa mengubah kadar kimia dan tingkat ketersediaannya. Kemampuan mereka membuat besi menjadi zat yang terlarutkan adalah kunci dari proses siklus logam di lingkungan dan memainkan peran yang sangat penting buat kehidupan di Bumi. Proses ini bisa berlaku terbalik untuk menghindari logam terkena kerosi, terutama buat logam-logam di kapal laut. (Aditia Muhamad)
  7. Tahukah Anda : Mengapa di kue cake terdapat ruang-ruang kecil. Pernahkah anda bertanya mengenai hal tersebut terjadi ?; kenapa kue cake empuk dan sangat ringan ?; alasannya karena adonan kue menggunakan natriun bikarbonat atau lebih dikenal dengan baking soda. Baking soda membuat kue mengembang karena terisi gelembung-gelembung karbondioksida yang terperangkap didalamnya. Karbonat akan berubah menjadi gas karbon dioksida apabila terkena panas atau asam. (Siti Mutoharoh)
  8. Tahukah anda : Ketika air mendidih dan terus didihkan temperaturnya akan tetap, kenapa demikian ?; Bila anda sering memasak air dengan memasak air dengan mendidihkannya terus-menerus dengan alasan agar lebih masak dan kumannya mati nampaknya anda harus segera menghentikan kebiasaan tersebut, karena akan sia-sia saja dan hanya memboroskan bahan bakar yang sekarang sedang melambung harganya. Mengapa demikian, karena begitu air mulai mendidih temperaturnya tidak akan bertambah, air tidak akan lebih panas dari titik didihnya 100 derajat celcius. Molekul-molekul pada zat cair yang tarik-menarik yang menerima panas untuk melepaskan diri dari molekul lain dan menjadikannya mendidih, walupun kita terus mendidihkannya tetap saja molekul air hanya menggunakan energi secukupnya yaitu 100 derajat celcius. (Riska Haryati)
  9. Tahukah anda : Ada 4000 bahan kimia di dalam asap rokok sehingga pengurangan kadar nikotin atau tar yang diistilahkan dengan istilah low, light dan mild tidak akan mengurangi bahaya yang terkandung didalamnya. Satu dari sekian banyak bahan kimia yang terkandung di dalam rokok adalah polimer. Bahan–bahan kimia lainnya yang digunakan untuk membuat sebatang rokok light diantaranya adalah sucrose, glycerol, calcium carbonate, propylene glycol, cocoa, akar licorine, diammonium hydrogen phosphate, perasa ( flavourings ), carob bean, acetic acid, sorbic acid, citric acid, guar gum dan 4 hydroxy benzoic acid. Selain menggunakan kertas yang terbuat dari salah satu polimer alam ( selulosa ), di dalam rokok juga mengandung polimer sintetik. Polimer ini berfungsi sebagai bahan perekat ( binder ) untuk kertas rokok. Polimer sintetik yang digunakan untuk meggantikan fungsi kanji adalah kopolimer ethylene vinyl acetate (EVA) dan homopolimer polivinyl acetate (VAc). Polimer-polimer tersebut berbentuk cairan kental berwarna putih susu (milky white). (Muzalifah)

Tidak ada komentar: