TAHUKAH ANDA VI

TAHUKAH ANDA

  1. Tahukah anda : Lampu jenis hemat listrik menggunakan bahan merkuri alias air raksa yang jika ceroboh menggunakannya dapat membahayakan keselamatan terutama untuk balita, anak-anak dan wanita hamil. Dengan catatan bahaya itu akan timbul jika bola lampu pecah. Menurut laporan yang dikeluarkan lembaga penelitian Mercury Policy Project yang dibentuk negara bagian Maine dan Vermont Amerika Serikat, pemakaian lampu hemat energi disarankan untuk terus dilanjutkan, namun ada hal-hal tertentu yang harus dipahami benar oleh konsumen. Seperti jangan menggunakannya untuk lampu meja terutama di rumah yang ada anak kecil atau binatang. Kandungan merkuri dalam bola lampu seperseratus dari jumlah yang terdapat dalam air raksa termometer zaman dulu. Dengan kekuatan merkuri, bola lampu lebih mudah pecah dan memancarkan cahaya lebih terang. Sampai saat ini belum ditemukan substansi lain yang bisa menggantikan fungsi merkuri. Jika merkuri terakumulasi dalam tubuh dapat merusak sistem syaraf, janin dalam kandungan, dan anak-anak. Umumnya, manusia mempunyai kandungan merkuri dalam tubuh berasal dari konsumsi ikan laut yang ditangkap dari perairan yang tercemar. Hasil penelitian menyarankan metode membersihkan ruangang atau benda yang terkena pecahan bola lampu. (Elmaya Oktaviani)
  2. Tahukah Anda : Minyak bumi mengandung macam-macam zat kimia yang berbeda baik dalam bentuk gas, cair maupun padatan. Bahan utama yang terkandung di dalam minyak bumi adalah hidrokarbon alifatik dan aromatik. Minyak bumi mengandung senyawa nitrogen antara 0-0,5%, belerang 0-6%, dan oksigen 0-3,5%. Terdapat sedikitnya empat seri hidrokarbon yang terkandung di dalam minyak bumi, yaitu seri n-paraffin (n-alkana) yang terdiri atas metana (CH4) sampai aspal yang memiliki atom karbon (C) lebih dari 25 pada rantainya, seri iso-paraffin (isoalkana) yang terdapat hanya sedikit dalam minyak bumi, seri neptena (sikloalkana) yang merupakan komponen kedua terbanyak setelah n-alkana, dan seri aromatik (benzenoid). Komposisi senyawa hidrokarbon pada minyak bumi tidak sama, bergantung pada sumber penghasil minyak bumi tersebut. Misalnya, minyak bumi Amerika komponen utamanya ialah hidrokarbon jenuh, yang digali di Rusia banyak mengandung hidrokarbon siklik, sedangkan yang terdapat di Indonesia banyak mengandung senyawa aromatik dan kadar belerangnya sangat rendah.(Dede Fitroh Handayani)
  3. Tahukah anda : Dari mana asal flatus (kentut) ?; dan apa komposisinya ?; Kentut berasal dari gas dalam usus. Gas dalam usus berasal dari udara yang kita telan, gas yang menerobos ke usus dari darah, gas dari reaksi kimia dan gas dari bakteria dalam perut. Komposisinya bervariasi. Makin banyak udara yang anda telan, makin banyak kadar nitrogen dalam kentut (oksigen dari udara terabsorbsi oleh tubuh sebelum sampai di usus). Adanya bakteria serta reaksi kimia antara asam perut dan cairan usus menghasilkan karbondioksida. Bakteria juga menghasilkan metana & hidrogen. Proporsi masing-masing gas tergantung apa yang anda makan, berapa banyak udara tertelan, jenis bakteria dalam usus, berapa lama kita menahan kentut. Makin lama menahan kentut, makin besar proporsi nitrogen, karena gas-gas lain terabsorbsi oleh darah melalui dinding usus.Orang yang makannya tergesa-gesa kadar oksigen dalam kentut lebih banyak karena tubuhnya tidak sempat mengabsorbsi oksigen. (Mahmudah)
  4. Tahukah anda : Kandungan vitamin C pisang = 2 kali apel (1 pisang = 2 apel). Pisang kaya akan mineral Kalsium (Ca) sehingga mengkonsumsi pisang setelah makan akan membantu menetralisir efek negatif konsumsi garam dan MSG yang berlebih. Pisang mengandung Kalium (K) yang berfungsi menjaga keseimbangan air tubuh, kenormalan tekanan darah, fungsi jantung dan kerja otot. (Siti maimunah)
  5. Tahukah anda cara kerja obat ? Mekanisme kerja obat adalah melalui penggabungan molekul obat (O) dengan suatu reseptor (R) atau zat reseptive (Reseptive subtance). kalau reseptor itu berupa enzim maka hasilnya bisa berupa penghambatan atau perangsangan kerja enzim tersebut. Setelah terbentuknya gabungan Obat-Reseptor (OR) maka akan timbul perubahan fungsi organ tertentu. Perubahan inilah yang biasanya disebut efek obat. Efek waktu kerja obat tergantung dari cara pemberian, formulasi obat, kecepatan penyerapan, distribusi, biotransformasi dan eksresi obat. tercapainya efek maksimum dan lamanya efek obat juga tergantung dari faktor-faktor tersebut. (Maimunah Hadzeif)
  6. Tahukah anda : Pemanasan global adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi. Suhu rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) selama seratus tahun terakhir. Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan bahwa, "sebagian besar peningkatan temperatur rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia" melalui efek rumah kaca. Kesimpulan dasar ini telah dikemukakan oleh setidaknya 30 badan ilmiah dan akademik, termasuk semua akademi sains nasional dari negara-negara G8. Akan tetapi, masih terdapat beberapa ilmuwan yang tidak setuju dengan beberapa kesimpulan yang dikemukakan IPCC tersebut. Model iklim yang dijadikan acuan oleh projek IPCC menunjukkan suhu permukaan global akan meningkat 1.1 hingga 6.4 °C (2.0 hingga 11.5 °F) antara tahun 1990 dan 2100. Perbedaan angka perkiraan itu dikarenakan oleh penggunaan skenario-skenario berbeda mengenai emisi gas-gas rumah kaca di masa mendatang, serta model-model sensitivitas iklim yang berbeda. Walaupun sebagian besar penelitian terfokus pada periode hingga 2100, pemanasan dan kenaikan muka air laut diperkirakan akan terus berlanjut selama lebih dari seribu tahun walaupun tingkat emisi gas rumah kaca telah stabil. Ini mencerminkan besarnya kapasitas panas dari lautan. Meningkatnya suhu global diperkirakan akan menyebabkan perubahan-perubahan yang lain seperti naiknya permukaan air laut, meningkatnya intensitas fenomena cuaca yang ekstrim, serta perubahan jumlah dan pola presipitasi. Akibat-akibat pemanasan global yang lain adalah terpengaruhnya hasil pertanian, hilangnya gletser, dan punahnya berbagai jenis hewan. Beberapa hal-hal yang masih diragukan para ilmuan adalah mengenai jumlah pemanasan yang diperkirakan akan terjadi di masa depan, dan bagaimana pemanasan serta perubahan-perubahan yang terjadi tersebut akan bervariasi dari satu daerah ke daerah yang lain. Hingga saat ini masih terjadi perdebatan politik dan publik di dunia mengenai apa, jika ada, tindakan yang harus dilakukan untuk mengurangi atau membalikkan pemanasan lebih lanjut atau untuk beradaptasi terhadap konsekwensi-konsekwensi yang ada. Sebagian besar pemerintahan negara-negara di dunia telah menandatangani dan meratifikasi Protokol Kyoto, yang mengarah pada pengurangan emisi gas-gas rumah kaca. (Acep Amirta)
  7. Tahukah anda : (Kocokan Putih Telur) Juru masak sering kecewa melihat kocokan putih telur dalam mangkuk gelas atau keramik tidak mengembang lagi setelah beberapa jam. Bagaimanapun, juru masak professional telah mengetahui rahasia kestabilan putih telur selama lebih dari 200 tahun, dengan menggunakan mangkuk tembaga. Kesuksesan ini terjadi karena adanya reaksi kimia antara unsur tembaga dengan mangkuk protein putih telur yang disebut konalbumin. Konalbumin bereaksi dengan tembaga membentuk senyawa kompleks ini berinteraksi dengan molekul-molekul protein putih telur lainnya, membentuk jaringan molekul yang kokoh. Jaringan ini begitu kokoh dan mempertahankan struktur kocokan putih telur tetap mengembang. (Juju zahrotus saodah)
  8. Tahukah anda : Bagaimana daya pembersih deterjen dapat menghilangkan noda ? Hal ini dikarenakan karena adanya zat aktif permukaan (surfaktan). Jenis muatan yang dibawa surfaktan adalah anionik yang berfungsi sebagai zat pembasah yang akan menyusup ke dalam ikatan antara kotoran dan serat kain. Hal ini aka membuat kotoran menggulung, lama-kelamaan menjadi besar kemudian lepaske dalam air cucian dala bentuk butiran. Daya pembersih juga tergantung pada pengisi yang berfungsi untuk menetralisir kesadahan air atau melunakkan air, mencegah menempelnya kembali kotoran pada bahan yang dicuci dan mencegah terbentuknya gumpalan dalam air cucian. Sedangkan bahan penimbul busa sama sekali tidak signifikan. Busa dengan luas permukaannya yang besar memang bisa menyerap kotoran debu, tetapi dengan adanya surfaktan pembersih sudah dapat dilakukan tanpa perlu adanya busa. (Fefi Alfiah)
  9. Tahukah anda : Kenapa kentut berbau busuk ? Bau kentut karena kandungan hidrogen sulfida & merkaptan. Kedua senyawa ini mengandung sulfur (belerang). Makin banyak kandungan sulfur). Adanya bakteria serta reaksi kimia antara asam perut & cairan usus menghasilkan karbondioksida. Bakteria juga menghasilkan metana & hidrogen. dalam makanan anda, makin banyak sulfida & merkaptan diproduksi oleh bakteri dalam perut & makin busuklah kentut anda. Telur & daging punya peranan besar dalam memproduksi bau busuk kentut. Kacang-kacangan berperanan dalam memproduksi volume kentut, bukan dalam kebusukannya. (Diyah Rauhillah Hasni)
  10. Tahukah Anda : Kenapa garam membuat mobil berkarat lebih cepat ?; Perkaratan terjadi melalui perjumpaan besi dan oksigen yang pada hakikatnya membentuk sebuah baterai listrik mini pada skala atom. Artinya molekul-molekul oksigen mengambil elektron-elektron dari atom-atom besi dan itulah tepatnya yang terjadi dalam sebuah baterai, elektron-elektron diambil dari zat yang satu oleh zat yang lain apapun yang membantu elektron-elektron pindah dari atom-atom besi ke molekul-molekul oksigen akan memperlancar proses tersebut. Garam sangat memudahkan proses ini karena ketika garam terlarut dalam air bahan ini membentuk larutan untuk menghantarkan elektron-elektron. Oleh sebab itu garam mempercepat perkaratan besi dengan melancarkan pengiriman elektron-elektron ke molekul-molekul oksigen yang rakus. (Siti Mutoharoh)
  11. Tahukah anda : Pete, si bau yang berkhasiat besar. Anda semua pasti mengenal bahwa Petai (Pete) sebagai buah yang membuat bau mulut. Tapi mungkin banyak diantara anda tidak mengetahui bahwa pete mengandung 3 macam gula alami yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat. Salah satu khasiat pete adalah dapat memberikan energi,dan mencegah bahkan mengatasi beberapa macam penyakit dan kondisi buruk. Depresi, menurut survei yang dilakukan diantara pasien penderita depresi, banyak orang merasa lebih baik setelah makan pete, karena pete mengandung tryptophan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin. Inilah yang akan membuat relax, memperbaiki mood dan secara umum membuat seseorang lebih bahagia. Selain itu, pete juga dapat membantu belajar seseorang, karena pete mengandung kalium yang tinggi yang dapat membantu konsentrasi seseorang. Sedangkan pada kulit pete dapat digunakan untuk mengatasi gigitan nyamuk. Buah ini juga mampu menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan dalam lambung. Pete juga dapat membantu penderitas SAD (Seasonal Affective disorder) kerena mengandung pendorong mood alami, tryptophan. Pete dapat juga menolong orang yang ingin berhenti merokok. Vitamin B6 dan B12 yang dikandungnya, bersama dengan kalium dan magnesium, membantu tubuh cepat sembuh dari efek penghentian nikotin. Pete adalah obat alami untuk berbagai macam penyakit. (Isyfiyyati)
  12. Tahukah Anda : Ketika pertama kali ditemukan pada tahun 1986, sampo 2 in 1 menjadi topik perdebatan yang sengit di kalangan ilmuwan. Pasalnya, kimiawan sebelum tahun 1980-an percaya penuh bahwa tidak mungkin mencampurkan bahan pembersih dan conditioner, yaitu pembersihnya adalah surfaktan anionik, sedangkan conditoner-nya adalah surfaktan kationik. Namun, beberapa orang, terutama di perusahaan Procter dan Gamble, berhasil melakukannya dengan menambahkan bahan khusus, yakni suatu senyawa karbon dari silikon (yakni silicone, sejenis yang dipakai dalam kosmetik dan jangan dikacaukan dengan unsur silikon). Bahan kondisioner yang bermuatan positif akan tertarik ke rambut yang bermuatan negatif (mengenai rambut yang bermuatan listrik tentu sudah kita kenal, inilah yang menyebabkan mengapa sisir plastik pun dapat diberi muatan apabila digunakan untuk menyisir rambut kering). Akibatnya, rambut akan menjadi netral sehingga tolak-menolak antarhelai rambut akan berkurang, dan kesan beterbangan pun berkurang. Conditioner juga membantu sisik rambut dan melekat di permukaan rambut sehingga rambut menjadi mulus. Hal ini membuat rambut menjadi kemilau dan tampak lebih hidup. Selain itu, rambut yang diberi conditioner akan lebih mudah disisir, baik saat basah maupun kering, dan lebih lembut. Jelas, dengan pemakaian conditioner, bahan conditioner akan tertinggal di rambut. Namun, jangan kawatir, tidak akan terjadi penumpukan conditioner di rambut. Sebab, ketika kita pakai sampo lagi, conditioner yang lama akan terangkat. (Permana)
  13. Tahukah anda : Karbon dioksida merupakan gas yang kadarnya sangat dipengaruhi oleh fosil,disebut sebagai gas rumah kaca, yakni dapat melewatkan cahaya matahari, tetapi mengabsorbsi radiasi inframerah yang timbul dari planet, serta meradiasi kembali sebagian panas (kalor) tersebut ke bumi. Dampak penambahan gas ini terhadap iklim adalah pemanasan atmosfer bawah di bumi yakni pada lapisan troposfer bawah karena serapan gelombang inframerah yang dipancarkan bumi akibat pemanasan bumi oleh sinar matahari, inilah yang di sebut sebagai global warming. Sesungguhnya lautan merupakan reservoir yang dapat menyerap CO2, akan tetapi kemampuan menyerapnya hanya berlaku untuk peningkatan CO2 yang berasal dari kejadian-kejadian alamiah, seperti peletusan gunung merapi, kematian jasad biologis. selain NO2, NH3, SO2, CFCl3, HNO3, CF2Cl2. (Maymunah)

Tidak ada komentar: